Jumat, 06 April 2012

perhitungan bank

Nama : Fara rizaini h.l
Kelas : 3EA08
NPM : 12209005
Tugas : komputer lembaga keuangan perbankan


Perhitungan bunga
            Perhitungan bunga kredit  yang digunakan bank akan menentukan besar kecilnya angsuran berbagai perhitungan bunga akan mambantu Debitur dalam membuat keputusan untuk mengambil kredit yang paling menguntungkan sesuai dengan kemampuan keuangannya.
            Beberapa cara yang digunakan pleh bank dalam menghitung bunga antara lain :
Flat : perhitungan bunga didasarkan pada planfod kredit dan besarnya bunga yang dibebankan dialokasikan secara proporsional sesuai dengan jangka waktu kredit. Dengan cara ini, jumlah pembayaran pokok dan bunga kredit setiap bulan sama besarnya.
            Perhitungan bunga dilakukan setiap akhir periode pembayaran angsuran. Pada perhitungan ini, bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya (Bagi debet) sehingga bunga yang dibayar debitur setiap bulannya akan semakin mengecil.
            Suku bunga dapat berubah setiap saat selama jangka waktu kredit apabila bank menetapkan suku bunga mengambang (floating). Namun demikian, bank dapat menetapkan suku bunga yang bersifat tetap (fixed) selama jangka waktu kredit atau pada jangka waktu tertentu ( jangka waktu yang diperjanjikan).
Suku Bunga Tetap (Fixed)
            Pada suku bunga yang bersifat tetap, besarnya bunga yang harus dibayar Debitur selama jangka waktu yang diperjanjikan tidak akan berubah. Dengan demikian apabila pada saat perjanjian kredit telah ditetapkan suku bunga sebesar 12%, maka selama jangka waktu yang diperjanjikan suku bunga yang berlaku tetap 12%.
Suku Bunga Mengambang
            Pada suku bunga yang bersifat mengambang, besarnya bunga yang harus dibayar Debitur berubah sesuai dengan tingkat suku bunga yang ditetapkan bank. Dengan demikian apabila suku bunga yang disepakati pada awal perjanjian adlah sebesar 12%, maka selama jangka waktu kredit suku bunga dapat turun menjadi 10% atau bahkan naik menjadi 15%.
Keuntungan dan Kerugian
            Baik penetapan suku bunga secara tetap maupun secara mengambang dapat membawa keuntungan maupun kerugian bagi Debitur.
Keuntungan
            ~ Suku bunga tetap :
-          Kepastian besarnya bunga yang dibayar
-          Tidak ada perubahan suku bunga walaupun  suku bunga pasar mengalami kenaikan.
~ Suku bunga mengambang:
-          Pada saat terjadi penurunan suku bunga pasar maka tingkat suku bunga kredit ikut turun.
Keuntungan suku bunga tetap bagi Debitur adalah kepastian besarnya suku bunga yang harus dibayar setiap periodenya. Selain itu, apabila suku bunga pasar mengalami kenaikan maka debitur diuntungkan karena adanya selisih suku bunga tersebut. Sementara itu keuntungan suku bunga floating bagi Debitur dapat terjadi apabila suku bunga pasar mengalami penurunan sehingga besarnya bunga yang harus dibayar Debitur pada periode tersebut pun menjadi lebih rendah daripada periode sebelumnya.
Kerugian
            ~ Suku bunga tetap:
-          Apabila suku bunga berada dibawah suku bunga tetap maka suku bunga kredit menjadi lebih mahal.
~ Suku bunga mengambang:
-          Apabila suku bunga pasar mngalami kenaikan maka suku bunga kredit akan ikut naik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar